28 Juni 2008

Apartemen di mediterania kemayoran

MENJADI AGEN PROPERTI YANG PROFESIONAL
Untuk menjadi agen properti yang profesional adalah hal yang gampang-gampang susah.Disatu sisi kita ingin menyenangkan pemilik unit ,tapi disisi yang lain kita tentunya juga ingin mendapatkan kepercayaan dari pembeli atau penyewa bahwa kita telah memberikan harga yang terbaik.Padahal, sudah pasti pemilik unit ingin menjual dengan harga setinggi langit sedangkan pembeli atau penyewa ingin mendapatkan harga serendah bumi.
Bila hal itu terjadi,kembali kepada kemampuan agen properti tersebut,apakah dia mampu menyakinkan kedua belah pihak bahwa harga tersebut adalah harga yang terbaik dan terbagus untuk kedua-duanya.
Kadang kala ada agen yang tidak bisa menghargai usaha dan profesi mereka sendiri dengan cara memberi discount komisi kepada pemilik.Hal ini sangat merugikan agen itu sendiri karena nanti akan makin tidak dihargai oleh pemilik atau owner unit properti tersebut.
Jikalau agen memang yakin komisi itu adalah hak yang pantas didapatkannya,kenapa harus banting komisi ?.Selain dapat menciptakan persaingan yang tidak sehat antar agen , kondisi seperti itu juga dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri dari agen itu sendiri.
Agen yang profesional harus bersaing dalam hal kepandaian bernegosiasi,servis dan pelayanan,bukan dari buang dan discount komisi.Yang terpenting adalah para agen harus secara transparan menjelaskan keadaan dan situasi pasar unit apartemen kepada pemilik.Sehingga pemilik bisa mendapatkan masukkan untuk menetapkan harga jual/sewa unit apartemennya.
Dalam negosiasi pun,agen sebagai pihak penengah tidak boleh merugikan salah satu pihak,misalnya sering kali ada agen yang hanya mau gampangnya saja dalam menjual unit,maka yang ditekan untuk memberikan harga murah adalah pemilik.Tentu hal ini tidak bagus karena berarti,agen hanya bermain diharga, yang akan berakibat membuat harga pasaran rusak/turun.Sehingga membuat iklim yang tidak bagus untuk para investor,dengan harga yang terus turun.

Tips untuk para pemilik unit dalam memilih dan menentukan agen properti yang memasarkan unitnya antara lain:
1.Pastikan agen itu memiliki alamat kantor yang tetap dan mempunyai no telpon kantor .Jangan hanya mempunyai no Handphone saja.

2.Agen profesional pasti menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan utamanya,bukan hanya sambilan.Contoh: banyak kantin,tempat laundry dan restoran yang memasarkan unit juga.Harus dibedakan antara agen profesional dengan calo/makelar.Calo hanya mengenalkan calon pembeli/penyewa kepada pemilik,tapi tidak maintenance penyewa dan mengikuti sampai proses penjualan selesai.

3.Pergunakan juga feeling anda saat bertemu muka dengan agen tersebut,jangan hanya melalui percakapan ditelepon saja.Ajaklah bertemu di kantornya,sehingga anda juga dapat tahu persis dimana letak kantor agen tersebut.

Dengan tips-tips diatas,semoga para pemilik unit dapat menentukan agen yang tepat untuk memasarkan unitnya.

1 komentar:

nabay mengatakan...

Mohon call sy Leo di 0811509331 / lei.feng@hexaltindo.com
saya perlu Apt di kemayoran 2BR utk 3 bln saja mulai mid-okt.